Single News

Peningkatan Kapasitas Aparatur Waluyojati melalui Program Smart Village Lampung

Rungan id – Waloyojati – Pemerintah Pekon Waluyojati mengikuti Bimbingan Teknis pada 30 Agustus hingga 2 September 2024 di Hotel Alodia, Bandar Lampung. Kegiatan ini difokuskan pada peningkatan kapasitas aparatur dalam implementasi Program Smart Village Provinsi Lampung. Dua perwakilan dari setiap pekon, yakni Kepala Pekon dan operator dari seluruh Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, dan Pardasuka, turut berpartisipasi dalam acara ini.

Lauhil Kurniawan, narasumber utama, memaparkan bahwa Smart Village adalah solusi inovatif bagi pekon untuk mengoptimalkan layanan publik berbasis digital. “Program ini memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan layanan mandiri yang lebih mudah dan efisien, mendorong Lampung menuju masa depan yang berjaya,” ujar Sekretaris Dinas PMP Kabupaten Pringsewu, Tri Haryono, yang mewakili Kepala Dinas Iskandar Muda.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Pringsewu, Erly Yunarni, S.E., menambahkan bahwa Program Desa Cerdas ini sangat bermanfaat bagi aktivitas keseharian aparatur pekon. “Dengan semangat yang sama, kita bisa memajukan pekon melalui implementasi program ini,” ungkapnya, seraya mengajak seluruh peserta untuk berkomitmen melaksanakan program yang berdampak langsung pada kemajuan desa.

Muhamad Faozan, S.Pd., M.Pd., Kasi PMD Kecamatan Pagelaran, menjelaskan bahwa pengelolaan pemerintahan desa akan semakin efektif dengan hadirnya data-data lengkap melalui aplikasi Metadesa. “Harapan kami, pekon akan semakin maju dan bangga dengan adanya program ini, karena semua informasi desa tersaji lengkap dan siap diakses,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung tanpa hambatan ini ditutup dengan pesan dari Lauhil Kurniawan. “Mari kita bersama-sama mengintegrasikan teknologi digital di tingkat desa, sehingga kapasitas aparatur semakin optimal dan program Smart Village dapat terimplementasi dengan baik,” pungkasnya.

Bimbingan teknis ini menjadi momentum penting untuk mendorong transformasi digital di pekon, demi tercapainya pelayanan yang lebih cepat, akurat, dan modern. (Rina)